Perlunya Penyelamatan Ekosistem Laut

PERLUNYA PENYELEMATAN EKOSISTEM LAUT -Sejalan dengan kebijakan menteri susi pudjiastuti yang mengedepankan pengelolaan dan keberlanjutan Sumber daya perikanan maka penyelamatan ekosistem laut harus diselamatkan. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa kerusakan kerusakan ekosistem laut teutama terumbu karang karena penggunaan alat tangkap ikan yang cenderung merusak dan kurang ramah lingkungan, eksplorasi yng berlebihan terhadap terumbu karang, belum lagi penangkapan ikan yang menggunakan cairan sianida, bahan peledak masih sering Kira jumpai. Lalu langkah apa saja bagi penyuluh perikanan dalam menyelamatkan ekosistem laut.

PERLUNYA PENYELEMATAN EKOSISTEM LAUT

PERLUNYA PENYELEMATAN EKOSISTEM LAUT
Selain memberikn penyuluhan perikanan, penyuluh perikanamn juga perlu terus menerus untuk memperhatikan ekosistem laut dan upaya penyelamatan terhadap ekosistem. Selain menyelematakan juga di wajibkan secara bertahap untuk memperbaiki kondisi ekosistem laut yang sudah rusak.

Langkah langkah penyelamatan ekosistem laut diantara nya;

1. Membuat gerakan penyelamatan terumbu karang.

Terumbu karang yang juga berperan sebagai paru paru dunia perlu do selamatkan dam perlu di perbaiki. Kondisi saat ini banyak terumbu karang yang telah mengalami kerusakan.

2. Hukum pelaku penggunaan Alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan.

Jenis jenis Alat tangkap yang di larang dan berpotesi merusak ekosistem laut perlu di tidak dan di hukum agar masyarakat mulai sadar bahwa apa Yang dilakukan dengan menggunakan Alat tangkap tidak ramah lingkunan adalah melanggar hukum.

3. Lakukan penyuluhan dan pembinaan masyarakat pesisir.

Penyuluhan dan pembinaan inilah yang akan menjadikan betapa masyarakat pesisir khususna nelayan sadar akan pentingnya ekosistem laut.

4. Lakukan kegiatan konservasi.

Kegiatan konservasi bisa di lakukan apabila masyakat pesisir dan nelayam sudah mulai tersadarkan. Dan bentuk dari pemuliham dan konservasi bisa dilakukan diantaanya ;

- penanaman bakau di sepanjang pantai dan tambak
- pembuatan terubu karang buatan
- pengambilan sampah sampahbplastik di pantai.
- dan larang pembuangan limbah limbah ke laut.

Demikian sedikit artikel ini semoga bisa bemanfaat untuk menyelematkan dan memperbaiki ekosistem laut kita.

0 Response to "Perlunya Penyelamatan Ekosistem Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close