Manfaat Daun Pepaya Buat Budidaya Ikan lele

Manfaat daun pepaya buat budidaya lele - Daun pepaya bukan hanya berguna buat kesehatan insan manusia saja, tetapi bermanfaat pula berguna buat kesehatan ikan lele. Ikan lele sangat membutuhkan ph air yg stabil. 

Sementara daun pepaya merupakan sarana atau alat satu cara mengstabilkan ph ( tingkat keasaman) air dalam media kolam ikan budidaya lele. Yang bermanfaat buat ikan lele merupakan pohon pepaya dan daun pepaya. 

Manfaat Daun Pepaya Buat Budidaya Lele
Manfaat Daun Pepaya Buat Budidaya Lele
Daun pepaya mampu sebagai obat herbal bagi ikan lele yg stress atau sakit. Apalagi untuk lele yang baru di pindah kolam atau baru dikuras airnya maka untuk mengurangi tingkat strees, daun pepaya bisa langsung di gunakan

Selain saat pengurasan atau penggantian air kolam, Ikan lele stres atau sakit umumnya ketika ph air kolam berubah. Ini terjadi biasanya pada kolam ikan yg terbuka, waktu musim hujan air hujan yg masuk akan menciptakan ikan merasa terdapat perubahan habitatnya sebagai akibatnya kebanyakan ikan stres dan sering naik ke atas. 

MANFAAT DAUN PEPAYA  BUAT BUDIDAYA LELE

Ketika kondisi kolam misalnya ini maka perlu di antisipasi dengan memasukkan daun pepaya. Ketika pohon/daun pepaya dimasukkan kedalam kolam, maka lumut akan tumbuh dengan sendirinya, datangnya luimut karena zat hijau daun yang di bawa oleh daun pepaya maka lumut akan tumbuh di atas kolam, Lumut yang tumbuh itulah akan dimakan oleh ikan lele. 

Lumut inilah yang akan berfungsi menjadi obat herbal bagi ikan lele. Manfaat Daun pepaya dalam budidaya ikan lele jua mampu dicermati ketika ikan baru dimasukkan kedalam kolam, umumnya mengalami stres atau pening. Ini sanggup di atasi dengan menaruh daun pepaya. Baik di dalam pengiriman benih ke kolam pembesaran atau di taruh di kolam pembesaran sebelum benih ikan di tebar di kolam pembesaran.


Manfaat Daun Pepaya buat Budidaya Lele

Nah, bagi anda pembudidaya lele, galat satu tanaman  yang serba guna bagi ika lele adalah Pohon pepaya, bermanfaat mulai menurut daunnya hingga pohonnya. Berikut kita lihat kegunaan menurut pohon pepaya & daun pepaya buat budidaya ikan lele.

1.Daun pepaya bisa menjadi obat stres ikan lele yang baru dibeli atau dimasukkan kedalam kolam pembenihan atau penenbaran.

2. Daun pepaya menjadi obat bagi ikan lele agar slow dan tenang pada kolam. Caranya yaitu rajang halus atau di potong kecil kecil daun pepaya sampai mengeluarkan airnya dan tebarkan pada kolam sebagai pakan ikan lele.

3. Menghilangkan sifat kanibalisme sesama lele. Manfaat daun pepaya bagi lele juga bisa buat menghilangkan sifat menyerang atau saling memakan satu sama lain atau sifat kanibalismenya. Caranya yaitu menggunakan mencincang atau memotong halus daun pepaya & tambahkan sedikit tetesan tebu/Molase, aduk merata & diamkan selama 15 mnt, baru diberikan kepada ikan lele. pemberiannya sama dengan di tebar di media kolam pembesaran.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh ikan lele. Daun pepaya pula rupawan sebagai pakan alami yg sanggup menambah daya tahan tubuh atau imunitas dalam ikan lele. Caranya bisa pada cincang kemudian dimasukkan kekolam atau mampu pribadi di lempar kekolam.

5. Daun pepaya bermanfaat buat sterilisasi air kolam berdasarkan penyakit. Daun pepaya pula memiliki manfaat lain yaitu membebaskan kolam ikan dari penyakit. Caranya mudah saja, ambil daun pepaya & tangkainya, tumbuh halus atau rajang hingga musnah, lalu tebarkan keseluruh kolam ikan lele. Perbadingannya adalah 1 genggam buat 1 meter persegi. Maka kolam ikan lele akan bebas berdasarkan penyakit ikan.

Cara lain buat menjaga kesehatan ikan lele selain memakai pepaya merupakan mampu menggunana bogol pisang. Namun dalam penggunaannya harus diperhaitkan supaya nir terlalu banyak. Terlalu banyak bogol pisang malah berbahaya bagi ikan lele. Demikianlan manfaat daun pepaya buat budidaya ikan lele. Demikian jua manfaat dari daun pepaya.

0 Response to "Manfaat Daun Pepaya Buat Budidaya Ikan lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close