Cacing Sungai Untuk Budidaya Ikan

Cacing Sungai Untuk Budidaya Ikan
Cacing Sungai Untuk Budidaya Ikan
Cacing Sungai Untuk Budidaya Ikan - Cacing Sungai Yang sering kita lihat sebenarnya mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. 

Karena Cacing Sungai Yang ada sebenarnya bisa di manfaatkan untuk pakan pakan ikan kecil pada semua budidaya ikan. Baik itu budidaya ikan lele, budidaya ikan gurame, budidaya ikan nila, atau budidaya ikan hias.



Cacing sungai . Cacing sutera bisa di gunakan untuk budidaya perikanan sebagai pakan ikan ikan kecil. Sebenarnya cacing sutera atau cacing sungai sangat mudah untuk di budidayakan, tetapi apabila kita mempunyai sungai yang kondisi cacing sutera melimpah maka budidaya cacing tidak perlu di lakukan

Adapun langkah-langkah/ Cara - cara  untuk menangkap cacing sungai/ cacing sutera antara lain :

- Cacing Sungai / Cacing Sutera biasanya hidup di sungai sungai yang kotor.Lakukan survei terlebih dahulu untuk mencari tahu lokasi sungai yang menjadi sarang bagi cacing sutera. Karena tidak semua sungai bisa ada cacing suteranya. Biasanya sungai tersebut kecil cukup kotor dan banyak terdapat sampah dan berlumpur.

- Amati kondisi perairan di dalam sungai tersebut. Sungai dangkal dan tidak berarus besar, karena cacing sungai/ Cacing sutera hidup dengan aliran sungai yang kecil. Apabila terdapat semacam lumpur yang berwarna merah muda, cobalah dekati karena kemungkinan besar itu adalah gumpalan cacing sutera. Karena cacing sungai / Cacing sutera hidup bercampur dengan lumpur. Berbeda dengan cacing2 yang lainnya.

Jika benar itu merupakan cacing sutera akan terlihat cacing-cacing berukuran sangat halus yang bergerak-gerak. Berwarna merah mudah dan bergerombol,

- Siapkan peralatan berupa  ember dan saringan yang sudah Anda bawa. Seroklah gumpalan cacing sutera tadi beserta lumpurnya. Tidak usah terlalu dalam untuk menyeroknya sebab nanti lumpur akan naik ke atas dan perairan menjadi kotor. Usahakan dalam menyerok cacing sutera/ Cacing sungai dari hulu ke hilir.

- Setelah dicek, mungkin Anda hanya akan melihat lumpur. Tapi Anda jangan sampai terkecoh karena cacing sutera telah bersembunyi di dalam lumpur tersebut.

- Untuk menghilangkan lumpur, Anda cukup membersihkan hasil tangkapan Anda tadi di air. Tidak perlu dengan keras keras di saat menggoyangkan serok. Cobalah goyangkan saringan yang telah berisi lumur dan cacing sutera tadi selama beberapa kali di permukaan air.

Lama-kelamaan lumpur akan terlarut dibawa air, sedangkan cacing sutera akan tetap berada di dalam saringan. Cacing yang ada pada  Saringan tersebut lantas di masukan ke dalam ember.


- Cacing sutera yang telah bersih ini lantas dimasukkan ke dalam ember. Ulangi langkah-langkah di atas sampai Anda mendapatkan cacing sutera dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah ember penuh angkut ember ke darat

- Taruh kain yang halus diatas endapan cacing dan lumpur, tutp ember dan biarkan selama beberapa jam setelah itu buka tutup ember maka kita akan mendapatkan cacing sungai yang sudah terpisah dengan lumpur. Angkat kain tersebut.

Demikian artikel tentang cacing sungai untuk budidaa perikanan. 

Cacing Sungai Untuk Budidaya Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar: