POTENSI GARIS PANJANG PANTAI INDONESIA

Potensi garis panjang pantai indonesia - Perlu sahabat penyuluh perikanan ketahui bahwa ada potensibkelautan dan perikanan indonesia yang belum teroptimalkan kan yaitu garis pantai.Indonesia memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 95.181 kilometer (km).
Potensi Garis Pantai Indonesia
Potensi Garis Pantai Indonesia

"Ada koreksi ternyata, ternyata panjang garis pantai kita 95.181 km. Panjang garis pantai tersebut apabila kita optimalkan seperti untuk budidaya dan petani garam mungkin indonesia tidak akan mengimpor garam kembali. Baik garam industri maupun garam perumahan.

Dari data sebelum di koreksi panjang garis pantai Indonesia dari 81.000 km menjadi 95.181 km ini telah diumumkan PBB pada 2008 lalu. Dan koreksi tersebut telah menetapkan bahwa garis pantai indonenesi terpanjang ke empat di dunia.

Dengan koreksi yang dilakukan PBB tersebut kini Indonesia justru berada di posisi keempat setelah Rusia. Dan potensi garis panjang pantai indonesia masih banyak yang terbengkalai.

Sedangkan negara pemilik garis pantai terpanjang no satu diduduki Amerika Serikat (AS) dan diikuti Kanada. Sebelumnya Kanada menduduki urutan pertama dengan panjang garis pantai 243.792 km dengan 52.455 pulau.

Sementara Indonesia sekarang ini bukan memiliki lebih dari 17.500 pulau tetapi kurang lebih ada 17.480 pulau jumlah pulau tersebut memang belum final karena pulau pulau di indonesia belum semuanya mempunyai nama dan tertera di peta.

Sebagai negara kepulauan terbesar dengan luas lautan tiga per empat dari luas daratan, dan bertambah panjangnya garis pantai tersebut melalui penelitian disebutkan sektor kelautan mampu menyumbang 140 miliar dolar AS per tahun. Potensi yang sangat besar apabila serius dalam menjadikan indonesia sebagai negara matitim

Potensi tersebut belumlah di tambah termasuk sumbangan sektor kelautan dari dasar laut yakni potensi migas dan dari potensi yang lainnya semisal pariwisata, budidaya, dan sektor perikanan tangkap.


Potensi garis panjang pantai indonesia

0 Response to "POTENSI GARIS PANJANG PANTAI INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close