PAKAN ALAMI ROTIFERA

Pakan Alami Rotifera - Rotifera merupakan zooplankton yg biasa digunakan buat pakan alami ikan, terutama untuk larva ikan yang ukurannya sangat kecil, seperti pada larva ikan malas (ikan betutu).
Rotifera adalah pakan awal larva Ikan. Untuk keperluan budidaya Rotifera, kita perlu membudidayakan Chlorella sp terlebih dahulu. Jika kepadatan Chlorella sp. 

Telah mencapai kepadatan tertinggi maka inokulasi bibit Rotifera ke dalam wadah Chlorella sp. Bisa dilakukan.

Pada budidaya Rotifera menggunakan memakai kuliner Chlorellasp. Maka kepadatan Chlorella sp. Pada media budidaya perlu dipertahankan, dalam kepadatan 13-14 x 106 sel per mililiter media setiap hari.

Untuk pemanenan rotifera 

Pakan Alami Rotifera
PAKAN ALAMI ROTIFERA
Caranya adalah sebagai berikut. Pada hari pertama, hanya 25% volume bak budidaya Rotifera diisi air dengan Chlorella sp. Pada hari kedua ditambahkan 25%, hari ketiga 25%, hari ke empat 25%. Pada hari ke lima Rotifera dapat dipanen seluruhnya. 

Budidaya Rotifera dapat dimulai dari awal pulang. Pengamatan kepadatan Rotifera perlu dilakukan setiap hari, untuk melihat apakah populasi Rotifera bertambah.

Pemanenan Rotifera dapat dilakukan seluruhnya pada hari ke lima. Atau dalam hari ke 5 Rotifera dipanen sebagian, 50% volume media, lalu bak budidaya diisi pulang dengan media Chlorella sp. Sampai 100% volume. 

Rotifera dapat dipanen kembali setelah tiga hari bak diisi Rotifera ke 2 kali. Cara ini hanya berlaku 2-3 kali panen. Pada panen ketiga seluruhnya dipanen & budidaya Rotifera dimulai kembali menurut awal

Sama misalnya dalam panen Chlorella sp., pada waktu panen dilakukan, ujung selang diberi plankton net (50 mm) yang harus terendam pada pada ember. Hal ini dilakukan agar tekanan air berdasarkan selang berkurang, sebagai akibatnya Rotifera tidak rusak. 

Pemanenan dilakukan dengan cara menyiphon air budidaya, yaitu mengeluarkan air dari bak dengan memanfaatkan perbedaan tinggi air, antara air di dalam bak dan pada dalam ember. Selama panen, air pada ember wajib  diaerasi.

0 Response to "PAKAN ALAMI ROTIFERA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close