Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan

Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan - Sebelum masuk ke cara budidaya maggot/belatung, mari kita terlebih dahulu buat mengenal apa itu maggot/belatung. Penjelasan arti maggot merupakan larva berdasarkan lalat yg tumbuh dalam bahan organik yang membusuk. Berikut penjelasan lengkap tentang pengertian maggot/belatung.

Belatung/maggot identik menggunakan sampah yg kotor. Kebanyakan masyarakat kita merasa Jijik dan enggan untuk melihat jenis binatang Ini. Belatung Hidup pada tempat-tempat dengan media sampah organik. 

Bukan sampah plastik ya karena sampah plastik tidak bisa di Urai Oleh belatung, kemudian apa si maggot atau belatung itu?.

Belatung atau bernga/berenga  atau magot adalah larva atau telur lalat. Tempayak ini biasa ditemukan pada barang-barang yg membusuk seperti bangkai, buah, atau sayur-mayur yg rusak. Di tempat kotor lah magot beradaptasi dan hidup.

Biasanya tempat yang kotor adalah habitat yang ideal bagi Belatung. Dan Bau yang sangat tidak sedap adalah hasil dari fermentasi oleh belatung

Beberapa jenis belatung adalah belatung yang merugikan dan belatung yang menguntungkan. seperti belatung lalat buah, bersifat merugikan; namun pada umumnya belatung bisa berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik. 

Dan pada kali ini fungsi dan manfaat belatung bisa di gunakan Sebagai Pakan Alternatif Budidaya Ikan Baik budidaya Lele, Budidaya Gurame, Budidaya Patin dan Lain sebagainya.

Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan

Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan
BELATUNG
Maggot/belatung mempunyai kadar protein tinggi yaitu lebih kurang 43% jika pada keadaan utuh, sedangkan apabila dijadikan pelet kadar protein antara 30-40%.

Demikian penerangan sederhana tentang maggot/belatung, ayo kita mulai buat memproduksi maggot/belatung.

Apa Bahan Utama Produksi Maggot itu?


Ada 2 bahan yang dapat kita manfaatkan, yaitu ampas memahami dan kuliner residu seperti (nasi basi, sayuran basi dan lainya).

# Pertama, Budidaya maggot/belatung menggunakan bahan dasar ampas tahu

memahami Mengapa Menggunakan ampas Sebagai media Budidaya Belatung?

Salah satu sebab, selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan, khususnya perairan, pada tepung ampas memahami masih masih ada kandungan gizi. Yaitu, protein (23,55 persen), lemak (5,54 persen), karbohidrat (26,92 persen), abu (17,03 %), serat kasar (16,53 %), & air (10,43 %).

Cara Budidaya Maggot Atau Belatung Untuk Pakan Ikan

Berikut Langkah - Langkah Budidaya Magot / Belatung menurut ampas tahu

Alat Dan Bahan Yang Harus Dipersiapkan :

Ember/drum atau wadah yg lain

Ampas tahu 60 kg

Kotoran ayam, kambing atau sapi 30 kg

Air secukupnya

Pengaduk seperti kayu batangan ukuran proposional

Cara pembuatan :

Masukkan ampas memahami sebagai bahan primer kedalam ember, lalu tambahkan air bersih & campurkan dan kocok hingga homogen.

Tambahkan kotoran ayam, kemudian tutup permukaannya dengan daun pisang kering agar lalat mau bertelur.

Tempatkan ember ditempat teduh dan terlindung berdasarkan air hujan dengan kondisi agak lembab namun tidak basah.

Setelah kira-kira 2-3 minggu belatung sudah siap dipanen.

Cara memanen maggot sangat sederhana, yaitu menggunakan campurkan air dalam media kultur, lalu saring buat memisahkan media kultur menurut belatung. 

Belatung siap diberikan sebagai pakan lele. Untuk bahan standar media kultur sebesar 100 kg kira-kira akan didapatkan belatung 60 -70 kg.

# Kedua, Budidaya Maggot Dari Makanan-bekas atau sisa sisa makanan

Untuk produksi maggot/belatung menggunakan makanan sisa tidak perlu poly indera yg dipakai. Kita relatif menyediakan wadah misalnya baskom dengan permukaan lebar. Masukan setiap residu kuliner yang tersisa kedalam wadah, abaikan wadah tetap terbuka agar lalat mampu masuk dan bertelur.

Budidaya jenis ini umumnya buat memenuhi konsumsi pakan ikan menggunakan kolam yang masih sedikit. Umumnya hanya dijadikan sampingan, bukan menjadi produksi ikan pada jumlah besar .

TEKNOLOGI PRODUKSI MAGGOT

Lalat Tentara

Tepung ikan merupakan keliru satu sumber protein yang penting dalam formulasi pakan ikan.  Produksi tepung ikan di global waktu ini berada dalam fase stagnan yaitu kurang lebih 6,1 juta ton pertahun sejak tahun 90-an.  Indonesia mengimport tepung & minyak ikan lebih dari USD 200 juta pertahun.  

Hal ini sebagai poin khusus pada akuakultur terutama pada Indonesia yaitu upaya mencari pengganti tepung ikan menjadi sumber protein pakan.  Fish Meal Replacement Research Program, merupakan topic penelitian yang sangat penting waktu ini.  

Salah satu pengganti tepung ikan sudah ditemukan oleh Tim IRD (Lembaga Penelitian Perancis untuk pembangunan) dan BPPBIH (Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias) yaitu larva serangga Black Soldier Fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) yg lebih dikenal menggunakan kata manggot.  Kandungan protein & lemak manggot merupakan 50 % & 25 %.

Siklus Hidup Lalat Tentara

Produksi manggot sinergi menggunakan program “zero waste” lantaran organism ini dapat mencerna banyak sekali jenis sampah organic, salah  satunya adalah bungkil kelapa sawit atau Palm Kernel Meal (PKM).  

PKM adalah by product (buangan) dari pabrik kelapa sawit.  Serangga ini tersebar secara luas pada semua dunia dan belum pernah terdeteksi menjadi agen penyakit.  Soldier fly mengalami 4 stadia perkembangan yaitu :

Telur     : berwarna kekuningan & bisa ditemukan di celah-celah atau tumpukan substrat.

Larva   : memiliki 20-25 instar dalam perkembangannya, menggunakan ukuran mencapai dua centimeter, aktif memakan kuliner yang busuk.

Pupa         : bermigrasi ke loka yg lebih lembab .

Dewasa     : meletakkan telurnya di dekat asal kuliner larva.

Teknologi Produksi Budidaya Maggot

Masukkan tiga kg PKM yg telah halus ke dalam tong, lalu tambahkan 6 liter air, kocok sampai homogen.

Tutup permukaan medium dengan daun pisang.

Tutup tong menggunakan kawat untuk menghindari pemengsa, seperti : tikus & burung.
Tempatkan bambu yang telah dibelah pada permukaan kawat buat sirkulasi udara pada tong.
Tutup tong menggunakan plastik terpal buat melindungi media dari hujan dan evaporasi (penguapan) yg menyebabkan media kering.

Setelah 2 minggu pindahkan media kultur ke pada fiber yang ditutup menggunakan kain sebagai akibatnya lalat tentara tidak sanggup meletakkan telurnya lagi di media tersebut.
Maggot akan mencapai berukuran yang sama setelah dua minggu.  Selanjutnya bisa dilakukan pemanenan.

Pemanenan.

Panen dilakukan dengan cara mencuci medium kultur pada air mengalir.

Maggot yg sudah bersih siap diberikan kepada ikan sebagai pakan atau disimpan dalam freezer buat penyimpanan.

Sampai waktu ini, pembudidaya perikanan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pakan orisinil pabrik, syarat ini dipicu sang tidak adanya pakan cara lain  yang dapat menggantikan pakan pabrikan.

Kadang kandungan nutrisinya nir sesuai menggunakan pakan orisinil pabrik.

Keliru satu cara lain  pakan buatan adalah manggot atau sering disebut belatung, kawan hcs kini   sudah ada beberapa pembudidaya lele yg memakai pakan protesis alami atau probiotik SOC.

Probiotik SOC adalah gugusan mikroorganisme pendukung pertumbuhan dan kesehatan semua makhluk hidup. Sementara itu, organik berarti pencapaian kumpulan mikroorganisme tersebut didapatkan berdasarkan bahan dasar alami, tanpa melibatkan unsur kimia. 

Indonesia memiliki kekayaan alam yg berlimpah sebagai akibatnya seharusnya menjadi keliru satu pengembangan produk probiotik.

Probiotik organik merupakan teknologi penyeimbang lingkungan hayati yang aman. Keunggulan apa saja yg pada dapat pada sistem budi daya probiotik SOC organik?Biaya pakan pada budi daya lele dapat mencapai 60-70% berdasarkan keseluruhan total porto produksi. Karena itu, setiap terjadi kenaikan harga pakan sangat menghipnotis pembudidaya lele. 

Cara kerja probiotik SOC?Probiotik SOC bekerja menggunakan cara mengontrol perkembangan dan populasi mikroorganisme “jahat” sehingga menghasilkan lingkungan tumbuh yg optimal bagi mikroorganisme “baik”. Hingga akhirnya, mikroorganisme “baik” akan mendominasi dan membuat tempat asli yang nyaman bagi pertumbuhan makhluk hayati pada lingkungan tersebut. 

Kandungan mikroorganisme yang terdapat pada starterorganik probiotik miracle green diantaranya brachybacterium, basidiomycetes, dan lactobacillus.

Salah satu Bakteri Lactobacillus sama misalnya yang masih ada dalam galat satu produk minuman kesehatan, yang sangat bermanfaat buat membantu pencernaan, dalam tubuh pun ini sangat bermanfaat membantu memperlancar serapan nutrisi yang dibutuhkan sang tumbuhan. Lain halnya dengan brachybacterium, 

bakteri yg berfungsi buat menetralisir segala jenis polutan & kemampuannya yg luar biasa sehingga mampu mengangkat unsur logam berat. 

Basidiomycetes adalah jenis fungi atau fungi yang bukan merugikan bagi host yg ditumpanginya, fungi jenis ini justru membantu ekosistem lingkungan. 

Kehadiran & kiprahnya dalam memasak nutrisi yang dibutuhkan & menumbuhkan tunas dan stabilisasi tanah sangat cantik. • Kepadatan kolam lebih tinggi.

Umumnya meningkat kepadatan kolam, semakin lambat laju pertumbuhannya tetapi, dengan adanya tekhnologi probiotik organik, asupan pakan alami probiotik organik & azolla microphilla menciptakan laju pertumbuhannya tetap tinggi & kondisinya sehat, pakan tersebut memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi • Serangan penyakit menurun & kematian bibit rendah.

Pemberian pakan kombinasi pakan probiotik SOC, azolla microphylla, dan nutrisi yang terdapat dalam air dapat menjaga ikan tetap sehat dan menurunkan taraf kematian menjadi sangat rendah (dua-tiga%, bahkan terdapat yang bisa dibawah dua%) •

Menciptakan pakan ikan Dari Belatung

Lele Organik yg dihasilkan berkwalitas. Beberapa keunggulannya adalah bobot lele lebih padat, kesat, kenyal, & nir ada penyusutan bobot & selain itu daging lele lebih legit & tidak hancur saat pada goreng.  Belatung salah satu bahan baku Utama dalam pembuatan pakan buatan

Cara menciptakan pakan organik merupakan sebagai berikut:

Alat dan bahan lain yg diperlukan :

Bahan :
»        Ember/drum apa sajalah sinkron
»        Ampas memahami / kedelai 50 kg
»        Tepung ikan /Ikan curah/asin 10 kg
»        Kotoran ayam 30 kg ( yang sudah gunakan SOC )
»        Probiotik SOC

Cara buat :

Caranya masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kedalam ember, kemudian masukkan air bersih & aduk rata sampai homogen.Tambah SOC 10 tutup

Kemudian tambahkan Tepung Ikan dan kotoran ayam, kemudian tutup permukaannya menggunakan daun pisang kemarau supaya lalat black soldier fly mau bertelur.

Tempatkan ember ditempat teduh & terlindung berdasarkan air hujan
Setelah kira-kira 2-3 minggu atau sanggup saja kurang menurut itu, belatung telah siap dipanen.

Caranya

Campurkan air dalam media kultur, kemudian saring buat memisahkan media kultur dari belatung.

Belatung siap diberikan menjadi pakan lele.

Untuk bahan baku media kultur sebesar 100 kg kira-kira akan didapatkan belatung 60 -70 kg.

Perhatikan, jangan menyimpan belatung segar terlalu usang lantaran mampu berubah menjadi lalat.

Dalam budidaya lele, maggot akan lebih efektif bila dicampur menggunakan tepung ikan, menggunakan perbandingan 1:1.

Pertumbuhan ikan lele bisa melambung hingga 2.9% per hari.

Pakan maggot memberikan percepatan tumbuh dua.5% tiap harinya, kemudian tepung ikan menaruh percepatan pertumbuhan dua% perharinya.

Dan Belatung Juga bisa di gunakan sebagai Pakan Ikan Nila, Gurame dan Lainnya.


Budidaya Magot Selain Bisa untuk Pakan alternatif pada budidaya perikanan seperti budidaya ikan lele, nila, gurame juga bisa untuk pakan ikan hias dan ternak Burung.

Selama ini penilaina masyarakat terhadap ternakn belatung masih menjijikan, Karena mereka belum mengerti bagaimana peluang dalam Budidaya magot masih menjanjikan, Menjijikan tetapi menjanjikan

Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan

0 Response to "Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close