JENIS OLAHAN IKAN GABUS

JENIS OLAHAN IKAN GABUS - Seperti kita ketahui bersama bahwasanya manfaat akan ikan gabus sangat banyak selain itu usaha ternak gabus menjadi salah satu peluang yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat dan untuk menambah penghasilan yang lebih banyak . 

Dengan berkembangnya produk olahan dalam bentuk makanan olahan dapat meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan dan secara tidak langsung kebutuhan gizi dapat tercukupi. 

Selain itu dengan adanya pengembangan produk olahan dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat karena produk olahan yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis, seperti home industry atau industri dalam skala besar. Salah satu hasil olahan ikan gabus yang dapat dijadikan sebagai produk olahan

JENIS OLAHAN IKAN GABUS 

JENIS OLAHAN IKAN GABUS
JENIS OLAHAN IKAN GABUS
Maka produk Ikan gabus bisa di kembangkan sebagai produk olahan yang mempunyai harga jual lebih tinggi.

Pindang Ikan Gabus

Keripik Ikan Gabus

Ikan Gabus Asap

Kaki naga Ikan Gabus

Nugget Ikan Gabus

Abon ikan Gabus

Bakso Ikan Gabus

Siomay Ikan Gabus

Dan Masih banyak lagi produk Olahan lain nya.

Ikan Gabus dalam hal ini merupakan primadona dalam hal penyembuhan penyakit tulang. Dan kebanyakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan gabus secara langsung merasa enggan di karenakan bentuk dari Ikan Gabus yang menyerupai Ular.

Sedangkan Untuk cara pengolahan nya sama dengan pengolahan produk produk perikanan yang lainnnya semisal ikan lele, gurame dan lain nya.

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai kandungan gizi tinggi. Komposisi kimia daging ikan gabus bahan adalah 

- air 69 g, 

- kalori 74 kal, 

- protein 25,2 g, 

- lemak 1,7 g, 

- karbohidrat 0 g, 

- Ca 62 mg, 

- P 176 mg, 

- Fe 0,9 mg, 

- vitamin A150 SI dan 

- vitamin B1 0,04 mg.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi yaitu sebesar 25,2 g, ikan gabus juga mempunyai kandungan albumin yang tidak ditemukan pada ikan lainnya seperti ikan lele, ikan nila, ikan mas, dan ikan gurami. Fraksi protein yang terdapat pada ikan cod, ikan haddock, ikan hiu dan ikan gabus mengandung 16-22% albumin.

Albumin digunakan untuk meningkatkan tekanan osmotik plasma, menghindari timbulnya sembab paru – paru, gagal ginjal, sirosis hati, penyakit gastrointestinal dan carrier faktor pembekuan darah. 

Albumin mampu mengikat toksisitas logam berat dan obat – obatan yang tidak mudah larut seperti aspirin dan obat tidur, mencegah sel darah merah pecah dan pengangkut molekul–molekul kecil melewati plasma dan cairan utama ekstrasel.




0 Response to "JENIS OLAHAN IKAN GABUS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close